Sabtu, 17 Desember 2011

Trick Memilih Harddisk External

Mobilitas  sudah mulai menjadi kunci kegiatan dewasa ini. Salah satunya adalah penyimpanan data dalam sebuah hardware khusus yang memungkinkan pemiliknya membawa data digital dalam jumlah besar dengan nama harddisk eksternal. Sebuah harddisk eksternal terdiri dari 3 komponen utama, yakni harddisk sebagai tempat penyimpanan data, casing yang berfungsi sebagai pelindung harddisk sekaligus juga merupakan sebuah rangkaian yang bertugas mengkonversi data di harddsik agar dapat dibaca komputer, dan kabel USB sebagai penghubung. Kapasitas penyimpanannya dapat berkisar antara 160 GB – 1TB bahkan lebih. Untuk saat ini, merk harddsik eksternal yang cukup banyak direkomendasikan, adalah: merk Free Agent dari Seagate, karena selain ‘pemain lama’, seagate juga memiliki kualitas di atas rata-rata. Namun hal ini tidak menutup kemungkinan untuk merk-merk yang lainnya pada masa yang akan datang. Berikut ini adalah Tips jitu memilih harddisk eksternal:

1.  Kapasitas
            Pilihlah kapasitas Harddisk external dengan kebutuhan. memang sekarang sudah ada Harddisk dengan ukuran 40 GB - 1.5 TB, akan tetapi kapasitas akan mempengaruhi harga device tersebut. jika anda banyak bekerja dengan desain atau video grafis maka pilihlah harddisk dengan ukuran besar seperti 1 TB. namun jika hanya untuk data data yang sedang ada baiknya memilih harddisk external berukuran sedang.

2. Kecepatan Putar Driver
            Kecepatan putar disk ini ditentukan oleh laju data dan untuk kalangan harddisk dinyatakan dalam RPM (Rotation Per Minute). Harddisk portable umumnya berputar pada kecepatan hingga 5400 RPM, namun saat ini telah beredar juga sebuah harddisk portable dengan kecepatan hingga 7200 RPM. Semakin besar RPMnya, maka semakin cepat pula proses pemindahan datanya. Jadi, ada baiknya memilih harddisk berkecepatan tinggi.

3. Besar Buffer atau Cache
            Besarnya buffer mewakili jumlah memori yang di-cache, atau disimpan yang bisa ditangani oleh sebuah drive ketika menanti permintaan (request) berikutnya dari sistem. Besarnya buffer berkisar mulai dari 2MB hingga 16MB. Jika semakin besar ukuran buffernya, maka semakin banyak pula data yang bisa tersimpan dan semakin cepat pengantaran datanya. Namun semakin besar ukuran buffer yang dikemaskan sebuah harddisk portabel, maka akan semakin mahal pula harga harddisk portabelnya.

4. Fitur Recovery
            Demi keamanan data di harddisk portable, maka belilah harddisk yang telah dilengkapi dengan fitur backup dan recovery. Adanya fitur ini akan membantu anda ketika file-file anda mengalami kerusakan atau datanya hilang begitu saja yang bisa disebabkan beberapa hal, salah satunya yakni terkena virus. Dengan menggunakan fitur recovery, file-file yang rusak bisa kembali pulih.

5. Kemampuan Plug & Play
            Pilihlah Harddisk Eksternal yang mudah digunakan. hal ini bisa di coba ketika Anda menancapkan kabelnya ke port usb komputer lalu harddisk tersebut dapat langsung digunakan tanpa menginstal driver.

6. Casing
            Pilihlah casing dengan bahan yang bagus karena akan mempengaruhi keamanan komponen didalamnya. pilih casing yang empuk agar terlindungi dari guncangan yang bisa membuat harddisk jadi sering error.

7.Berat
            Pilihlah harddisk external yang ringan agar nyaman membawanya.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar