Kamis, 15 Desember 2011

Jenis-Jenis Keyboard

            Berbagai macam bentuk keyboard telah ada di pasaran. Mulai dari yang murah (kurang dari Rp 100.000) sampai dengan yang mahal (lebih dari Rp 300.000). Tentunya anda telah mengenal beberapa merk keyboard terkenal seperti Logitech dan Genius.  Jika budget anda terbatas, jangan khawatir sebab merk lainpun tetap bisa digunakan dengan nyaman asal tahu cara perawatan dan pemilihannya. Pengalaman saya dalam memilih keyboard, pilihlah yang tombolnya tidak keras dan tidak terlalu tebal, dengan demikian lebih nyaman digunakan.
            Nah sebelum membeli keyboard pahamilah terlebih dahulu jenis-jenis keyboard agar tidak salah membeli. Sebenarnya fungsinya sama saja yaitu sebagai alat input untuk mengetikkan huruf dan angka sebagai perintah yang nantinya akan ditampilkan di monitor. Pembedaan jenis-jenis keyboard  pada port atau  colokan sebagai penghubung antara keyboard dengan CPU.
Jenis-jenis keyboard:
Keyboard Serial (kini sudah jarang digunakan)
Keyboard PS/2 (sudah jarang dipakai)
Keyboard USB (paling populer saat ini)
Keyboard Wireless (antara keyboard ke PC tanpa kabel, masih jarang dipakai dan masih mahal)

            Nah menurut tata letak tombolnya Keyboard komputer di bagi menjadi beberapa macam:

1. Jenis QWERTY;
Tata letak tombol ini di temukan oleh Scholes,Glidden, dan Soule pada kisaran tahun 1878 dan kemudian menjadi standart mesin ketik pada tahun 1905.

2. Jenis DVORAK;
Ketidakefisienan yg di jumpai pada tata letak tombol jenis QWERTY di coba di perbaiki dengan tata letak DVORAK yg di rancang kisaran tahun 1932. Tata letak tombol DVORAK menggunakan susunan papan ketik yg sama,tetapi susunannya di rubah sedemikian rupa yg membuat tangan kanan bekerja lebih banyak daripada tangan kiri.

3. Jenis Alphabetik;
Tombol tombol pada papan ketik Alphabetik ini sama persih dengan tombol jenis QWERTY dan DVORAK tetapi susunan hurufnya berurutan seperti susunan huruf Alphabeth.

4. Jenis Klockenberg;
Tata letak tombol ini di kembangkan dengan memasukan unsur Ergonomik atau kenyamanan kerja. Walaupun papan ketik ini tidak sepopuler seperti jenis QWENTY tetapi menggunakan tombol ini bisa mengurangi beban otot pada jari jemari dan pergelangan tangan dan mengurangi beban otot pada tangan dan bahu.

5. Jenis Palantype;
Papan ketik jenis ini memiliki tiga kelompok karakter tombol. Di bagian kiri menunjukan kelompok konsonan awal sebuah sebuah kata, bagian tengah menunjukan kelompok vokal,dan bagian kanan menunjukan kelompok konsonan akhir sebuah kata. Tetapi pada papan ketik jenis Palantype ini tidak seluruh konsonan dan vokal dalam alphabet ada di tombol ini. Kita harus menggunakan kombinasi beberapa tombol yg ada.

6. Jenis Stenotype;
Steno adalah jenis tulisan singkat yg sering di gunakan untuk mencatat ucapan seseorang. Papan ini mempunyai kelebihan yg hampir sama dengan papan ketik Palantype.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar